PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARA DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KABANJAHE KAB. KARO TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Kab. Karo Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 35 siswa, 8 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses pelaksanaan dribbling bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka berdasarkan hasil data awal pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe. Dari 35 siswa terdapat 28 siswa (80%) yang tidak tuntas dan 7 siswa (20%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 50,47. Hasil dari siklus I terdapat 19 siswa (54%) yang tidak tuntas dan 16 siswa (46%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 63,57. Di siklus II terdapat 5 siswa (14%) yang tidak tuntas dan 30 siswa (86%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,8. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.