UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS BELAJAR LEMPAR CAKRAM MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI DAN MEMANFAATKAN MEDIA MODIFIKASI ALAT PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan efektivitas belajar lempar cakram dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dan memanfaatkan media modifikasi alat pada siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2016/2017, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2017 dengan jumlah siswa 32 orang . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini adalah test hasil belajar lempar cakram yang berbentuk portofolio. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa menggunakan gtaya mengajar inklusi dan modifikasi alat berpengaruh terhadap peningkatan efektivitas belajar lempar cakram siswa kelas VIII7 SMP Negeri 1 Batang Kuis tahun ajaran 2016/2017. Nilai rata-rata siswa pada data awal adalah 61,81 (tidak tuntas), pada test siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 72,39 (tidak tuntas), pada pelaksanaan test siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 80,59 (tuntas). Persentase ketuntasan belajar siswa pada test awal adalah 15,62%, pada test siklus I meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus II persentase ketuntasan belajar siswa telah mencapai 87,5%. peningkatan klasikal dari test awal hingga test siklus I adalah 40,63 % dan peningkatan klasikal dari test siklus I hingga test siklus II adalah 31,25 %. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar inklusi dan memanfaatkan media modifikasi alat meningkatkan efektivitas belajar lempar cakram pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2016/2017