Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Servis Atas dalam permainan Bola Voli melalui gaya mengajar Penemuan Terbimbing pada siswa kelas X TP 1 SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tindakan gaya mengajar Penemuan Terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TP 1 SMK Awal Karya Pembangunan Galang yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan paparan data. Penilaian yang diberikan 2 kali yaitu tes siklus I dan tes siklus II, sedangkan observasi meliputi aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Dimana nilai standar ketuntasan belajarnya adalah 75. Apabila nilai siswa kurang dari 75, maka siswa dikatakan belum tuntas. Pada siklus I dapat diketahui bahwa dari 29 orang siswa sebanyak 20 siswa (68,96%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 9 siswa (31,04%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 74,59. Berdasarkan post test siklus II dapat diketahui sebanyak 26 orang siswa (89,65%) yang mendapat hasil belajar tuntas dan sebanyak 3 orang siswa (10,35%) yang masuk dalam kategori tidak tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata belajar 83,80. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar Servis Atas dalam permainan Bola Voli dan sekaligus membuktikan bahwa tidak perlu lagi diadakan siklus berikutnya. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan “Melalui penerapan gaya mengajar Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar Servis Atas dalam permainan Bola Voli pada siswa kelas X TP 1 SMK Awal Karya Pembangunan Galang Tahun Ajaran 2016/2017”