Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar shooting pada permainan bola basket dengan menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas XI SMA Methodist-8 MedanTahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Methodist-8 Medan dengan subjek penelitian adalah siswa/siswi kelas XI yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 putra dan 17 putri. Dalam penelitian ini adalah hasil observasi dan tes hasil belajar siklus I dan siklus II yang berbentuk aplikasi teknik shooting dalam permainan bola basket sebanyak 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pada siklus I diperoleh 16 orang siswa (53,33%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa ( 46,66%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 72.21. (2) Pada siklus II diperoleh 27 orang siswa ( 90%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 orang siswa (10%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 85,55. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar shooting dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMA Methodist-8 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.