KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN BINJAI KOTA TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah (1) keterampilan guru dalam mengajar yang masih monoton pada mata pelajaran matematika, (2) kurangnya keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika, (3) guru kurang menerapkan komponen-komponen pengelolaan kelas secara optimal pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri se-Kecamatan Binjai Kota Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri se-Kecamatan Binjai Kota. Dengan jumlah populasi sebanyak 18 Sekolah Dasar Negeri dan yang menjadi sampel adalah seluruh guru-guru kelas V yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan menggambarkan fenomena atau kejadian yang sedang berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri se-Kecamatan Binjai Kota Tahun Ajaran 2016/2017 berdasarkan komponen-komponennya secara keseluruhan diperoleh skor rata-rata sebesar 2,25 dengan skor ini tergolong kategori cukup baik.