MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI ORGANISASI DI KELAS V SD NEGERI 108075 DELI TUA BARAT T.A 2016/2017

Main Author: Sitepu, Riska Aginta Br.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24227/9/01.%20NIM%201131111034%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/9/02.%20NIM%201131111034%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/10/03.%20NIM%201131111034%20ABSTRAK.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/11/04.%20NIM%201131111034%20KATA%20PENGANTAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/5/05.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20IS1.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/1/06.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/1/07.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20DIAGRAM.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/4/08.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20TABEL.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/3/09.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/2/10.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/6/11.%20NIM%201131111034%20BAB%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/7/15.%20NIM%201131111034%20BAB%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/8/16.%20NIM%201131111034%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24227/
Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah dikarenakan guru menggunakan metode ceramah dan lebih menekankan pada hafalan dan membuat catatan, keaktifan siswa siswi untuk bertanya dan menjawab pertanyaan dalam kegiatan KBM masih belum optimal sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) di kelas VB Semester genap SD 108075 Deli Tua Barat pada tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Word Square di SD Negeri 108075 Deli Tua Barat tahun ajaran 2016/2017. (2) mendeskripsikan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model Word Square di SD Negeri 108075 Deli Tua Barat pada tahun ajaran 2016/2017. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi. Dimana pada saat pretes ketuntasan belajar dari 30 orang siswa hanya 6 orang siswa yang tuntas hasil belajar persentase 20% dan yang tidak tuntas 24 orang siswa dengan persentase 80% dengan nilai rata – rata 5,100% Setelah melakukan siklus I dengan menggunakan model Word Square ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 20 orang siswa dengan presentase 60% dan yang tidak tuntas 10 orang siswa dengan persentase 40% dengan nilai rata – rata 7,33 . Perolehan dari hasil siklus I perlu tindak lanjuti siklus II, Sehingga secara signifikan hasil belajar siklus II pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi menggunakan model Word Square meningkat menjadi 30 orang siswa yang tuntas hasi belajarnya dengan persentase 100% dengan nilai rata –rata 9,47. dari pengolahan tes hasil belajar pada siklus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target seperti yang ditetapkan dengan persentase ketuntasan belajar ideal 75 % siswa yang telah mencapai nilai KKM 75. Dengan demikian maka dapat disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 108075 Deli Tua Barat pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi organisasi.