Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model tipe Scramble pada pelajaran IPA materi gaya magnet di kelas V. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan teknik analisis datanya terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapanya itu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah subjek kelas V SD Negeri 060808 Medan yang terdiri dari satu kelas sebanyak 32 siswa, dimana 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model tipe Scramble dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa lembar observasi motivasi belajar siswa. Dari hasil data observasi dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas V yakni sebanyak 16 orang siswa (50%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 10 orang siswa (31,25%) memiliki motivasi belajar sedang dan sebanyak 6 orang siswa (18,75%) memiliki motivasi belajar tinggi dan tidak ada siswa yang mendapatkan motivasi sangat tinggi (0%) dengan rata-rata 60. Pada siklus I pertemuan II motivasi belajar siswa sebanyak 7 orang siswa (21,87%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 10 orang siswa (31,25%) memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 9 orang siswa (28,13%)memiliki motivasi belajar tinggi, dan 6 orang siswa (18,75%) memiliki motivasi belajar sangat tinggi dengan rata-rata 69. Selanjutnya untuk siklus II pertemuan I terdapat 4 orang siswa (14,2%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 5 orang siswa yang (15,62%) memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 15 orang siswa (46,8%) memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 8 orang siswa (25%) memiliki motivasi belajar sangat tinggi dengan rata-rata 74. Pada siklus II Pertemuan II dapat diketahui bahwa tidak terdapat siswa (0%) memiliki motivasi belajar rendah, sebanyak 4 orang siswa (12,5%) memiliki motivasi belajar sedang, sebanyak 5 orang siswa (15,63%) memiliki motivasi belajar tinggi dan sebanyak 23 orang siswa (71,87%) memiliki motivasi sangat tinggi dengan rata-rata 81. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan model tipe Scramble pada pelajaran IPA pokok bahasangaya magnet di kelas V SD Negeri 060808 Medan.