STUDI TENTANG IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERTANYA GURU DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN BINJAI SELATAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Yang menjadi masalah dalam penelitain ini yaitu Bagaimanakah implementasi keterampilan bertanya guru dalam mata pelajaran IPA kelas V di 10 SD Negeri se-Kecamatan Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan dari penelitian ini adalah “Untuk mengetahui seberapa baik implementasi keterampilan bertanya guru dalam mata pelajaran IPA Kelas V di 10 SD Negeri se-Kecamatan Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017”. Penelitian ini diharapkan dapat menemukan kejelasan dari suatu keadaan/populasi berupa studi keterampilan bertanya guru di SD Negeri se-Kecamatan Binjai Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan secara sistematis, faktual dan akurat suatu fakta dan sifat dari populasi tertentu. Populasi dalam penelitian ini adalah Guru Kelas V SD Negeri di seluruh wilayah Kecamatan Binjai Selatan, Kabupaten Kota Binjai yang terdiri dari 26 SD Negeri dan 32 orang Guru Kelas V. Sampel dalam penelitian ini adalah 16 orang dengan pemilihan sampel dilakukan dengan cara teknik purposive sampling (sampel terpilih) yaitu tipe penarikan sample nonprobabilitas. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap guru-guru di 10 SD Negeri di Kecamatan Binjai Selatan Tahun Ajaran 2016/2017 yaitu: SD Negeri 028228, SD Negeri 020583, SD Negeri 020584, SD Negeri 020598, SD Negeri 024767, SD Negeri 023894, SD Negeri 025992, SD Negeri 028227, SD Negeri 026609, SD Negeri 020256, tergolong baik dalam impelementasi dan penguasaan keterampilan bertanya.