PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.A. 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester I (Ganjil) SMA Negeri 1 Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 5 kelas secara acak yaitu kelas XI MIA-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XI MIA-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 4 option yang telah divalidasi oleh tim validator yang terdiri dari dosen ahli M.Pd dan M.Si. Pengujian hasil belajar adalah dengan uji t, sedangkan hasil observasi dengan analisis deskriptif. Berdasarkan analisa data diperoleh peningkatan hasil belajar siswa pada setiap pertemuan yakni pertemuan pertama, kedua, dan ketiga untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan hasil uji hipotesis thitung = 1,965 dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,6697 (thitung > ttabel) yang berarti Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Hukum Newton Tentang Gravitasi di kelas XI Semester I (Ganjil) SMA Negeri 1 Pancur Batu T.A. 2016/2017