PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI DI SMP SULTAN ISKANDAR MUDA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis model Inquiri dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMP; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa SMP dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model inquiri; Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP kota Medan, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sekolah yang dijadikan sebagai subjek untuk uji coba adalah SMP Sultan Iskandar Muda kelas VII-C. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model inquiri; Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model inquiri sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan.