Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kerja sama siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional, efek model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika, serta hubungan antara kemampuan kerja sama dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperimen dengan desain two group pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Langsa. Sampel dalam penelietian ini adalah kelas X.9 sebagai kelas kontrol dan kelas X.10 sebagai kelas eksperimen. Pemilihan sampel dilakukan secara purpossive sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi kemampuan kerja sama dan tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis uji-t parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki efek terhadap hasil belajar siswa, model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan terdapat hubungan antara kemampuan kerja sama dengan hasil belajar siswa.