Daftar Isi:
  • Penelitian ini membahas hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 066047 Medan Helvetia dengan populasi sebanyak 45 orang dan sampel dengan 45 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling sedangkan instrument yang digunakan untuk mengukur perhatian orangtua adalah angket dengan jumlah 30 butir dinyatakan valid. Validitas tes diuji menggunakan teknik korelasi product moment dengan hasil 21 dinyatakan valid, sedangkan reliabilitas tes di uji menggunakan alpha dengan hasil 1,026 pada taraf signifikan 95% dengan alpha 5%. Untuk mengetahui hasil belajar siswa teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, yaitu dengan menggunakan DKN kelas V semester ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 sebagai sumber data. Teknik analisis data dengan menggunakan korelasi Product Moment sedankan hipotesis menggunakan uji t. Hasil perhitungan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,301 sedangkan rhitung sebesar 0,319 berada pada arah yang positif. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh rhitung sebesar 2,206 dan rtabel 2.016. Sehingga dapat dikatakan bahwa perhatian orangtua memiliki hubungan dengan hasil belajar siswa, yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara perhatian orangtua dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 066047 Medan Helvetia. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa perhatian orangtua akan berdampak pada hasil belajar anak. Semakin baik perhatian orangtua maka semakin tinggi hasil belajar siswa SD Negeri 066047 Medan Helvetia.