PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini dalah hasil belajar siswa kelas V yang rendah di SDN 104204 Sambirejo Timur T.A 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan penggunaan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 104204 Sambirejo Timur, Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2016/2017. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 104204 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur, yang terdiri dari 2 kelas yaitu : kelas VA(kelas eksperimen) dan VB ( kelas kontrol). Kelas VA dengan jumlah 30 siswa dan kelas VB dengan jumlah 30 siswa. Tehnik pengambilan sample adalah purposive sample, subjek atau elemen yang dipilih karena karena karakteristik atau kualitas tertentu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan jumlah 20 soal yang telah diuji Validasi dan Realibilitasnya. Dari analisis data dengan sampel 30 siswa pada kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas kontrol diperoleh hasil rata-rata kelas eksperimen pada pretes (44) dan postes (75,83) sedangkan pada kelas kontrol pretes (39,33) dan postes (61,66). Pada taraf signifikansi (⍶ = 0,05) Kedua kelas berdistribusi normal karena < yaitu 0, 109 < 1,161 ( kelas eksperimen) dan 0, 137 < 1, 161 (kelas kontrol). Uji Homogenitas pada postes kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan < , yaitu 1, 57 < 1, 87. Dilakukan Uji t pada taraf nyata (⍶ = 0,05) bahwa > yaitu 14,24 > 2,076 dengan ini membuktikan bahwa Ha diterima. Penulis menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA, materi sifat-sifat cahaya di SDN 104204 Sambirejo Timur Kecamatan Percut Sei Tuan T.A 2016/2017.