MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWERS KELAS V SD NEGERI 060857 DURUNG KEC. MEDAN TEMBUNG T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa pada pelajaran IPA menggunakan strategi pembelajaran giving questions and getting answers pada materi pesawat sederhana di kelas V SD Negeri 060857 Durung, Kec. Medan Tembung Ta 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i VA SD Negeri 060857 Durung Kec. Medan Tembung sebanyak 25 orang dengan jumlah laki-laki 11 orang dan 14 orang perempuan. Objek penelitian ini adalah penggunaan Strategi Pembelajaran Giving Question And Getting Answers. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian maka diperoleh hasil, skor rata-rata angket minat belajar pada Pra Siklus sebesar 40 dengan nilai rata-rata 51 dengan kriteria minat belum berminat. Hanya 1 orang atau 4% dari 25 orang yang berminat dan 24 orang atau 96% belum berminat. Pada siklus I skor rata-rata angket minat belajar adalah 58 dengan nilai rata-rata 73 dengan kriteria cukup berminat dan pada Siklus II skor rata-rata angket minat belajar adalah 68 dengan nilai rata-rata 85 dengan kriteria sangat berminat. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 siswa kurang berminat dimana skor rata-rata minat siswa 47 dengan nilai rata-rata 59, Siklus I Pertemuan 2 siswa cukup berminat dengan skor ratarata 54 dengan nilai rata-rata 67 Siklus II Pertemuan 1 siswa cukup berminat dengan skor rata-rata 58 dengan nilai rata-rata 73 dan Siklus II Pertemuan 2 siswa berminat dengan skor rata-rata 64 dengan nilai rata-rata 79. Hasil pengamatan kegiatan peneliti yang dilakukan oleh observer pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan nilai rata-rata 61 (Kurang Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 67 (Cukup Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 81 (Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 92 (Sangat Baik). Berdasarkan kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan menggunakan strategi pembelajaran giving questions and getting answers dapa tmeningkatkan minat belajar siswa pada Pelajaran IPA Materi Pokok Pesawat Sederhana di kelas VA SD Negeri 060857 Durung Kec.Medan Tembung T.A 2016 / 2017. Disarankan kepada guru serta kepala sekolah agar menggunakan strategi pembelajaran Giving Question And Getting Answers untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPA kelas V