PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X-ADP SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X-ADP SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer lebih tinggi dari hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas X-ADP SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-ADP SMK Negeri 1 Medan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 Kelas, yaitu Kelas X-ADP 1 yang berjumlah 30 Orang pada kelas eksperimen dan kelas X-ADP2 yang berjumlah 30 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan lima pilihan. Dimana sebelumnya tes ini telah diujicobakan dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, varians, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 52,5 dan 84,67 dengan standar deviasi 9,35 dan 6,93. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre-test dan post-test yaitu 50,66 dan 76,50 dengan standar deviasi 9,82 dan 6,31. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 4,768 dan ttabel =1,697. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 4,768 >1,697. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar kewirausahaan yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kleas X-ADP SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.