PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANGTUA SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 SIATAS BARITA TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah tingkat pendidikan, dan pendapatan orangtua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di Smk Negeri 1siatas barita tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan pendapatan orangtua terhadap terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di Smk Negeri 1 Siatas Barita tahun ajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas yakni XI C1 yang terdiri dari 29 siswa, XI AP 2 yang terdiri dari 32 siswa, sehingga total keseluruhan populasi tersebut yaitu 61 o siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 20. Berdasarkan analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa tingkat pendidikan orangtua dan pendapatan orangtua termasuk kategori rendah. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi Y= 26,964 + 0,309 X1 + 0,319 X2 + e. Hasil dari pengujian secara parsial dengan teknik analisis uji t diperoleh hasil bahwa variabel tingkat pendidikan orangtua berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sisiwa dengan nilai (4,722>1,986),variabel pendapatan orangtua juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai (4,148>1,986). Untuk menguji koefisien secara keseluruhan digunakan uji Fhitung, yang memberikan hasil bahwa ada pengaruh dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan pendapatan orangtua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di Smk Negeri 1 Siatas Barita tahun ajaran 2016/2017 dengan nilai Fhitung>Ftabel (23,221>1,987).