Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validasi atau kelayakan media pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran Gerbang Didital. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK N 1 Percut Sei Tuan. Prosedur perancangan media pembelajaran berbasis multimedia pada pembelajaran Gerbang Digital yang dikemas dalam bentuk CD dilakukan dengan menggunakan model desain pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Uji kelayakan terhadap media pembelajaran berbasis multimedia oleh ahli media pertama dibuktikan dengan nilai skor 4,3 dengan Interpretasi “Sangat Baik” dan “Sangat Layak” dan begitu juga oleh ahli media kedua dibuktikan dengan nilai skor 4,35 dengan Interpretasi “Sangat Baik” dan “Sangat Layak”. Validasi oleh ahli materi Dosen dibuktikan dengan nilai skor 3,89 dengan Interpretasi “Baik” dan “Layak”. Dan validasi oleh ahli materi Guru Bidang Studi dibuktikan dengan nilai skor 4,22 dengan Interpretasi “Sangat Baik” dan “Sangat Layak” Berdasarkan hasil evaluasi angket yang diberikan kepada 20 siswa jurusan Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan dengan kemampuan berbeda-beda, menunjukan media pembelajaran ini diminati oleh siswa dengan rata-rata skor 4,21 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Dari rekapitulasi hasil validasi oleh ahli dan penilaian dari 20 siswa, maka rata-rata keseluruhan skor yang diperoleh adalah sebesar 4,19 dan dengan demikian rancang bangun media pembelajaran intreraktif menggunakan Macromedia flash 8 pada pembelajaran gerbang digital Sangat Baik dan Sangat Layak untuk di jadikan sebagai sumber belajar mandiri bagi siswa sebagai media pembelajaran.