Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada siswa kelas X program keahlian teknik gambar bangunan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam dalam mata pelajaran konstruksi bangunan serta untuk mendekripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi proses dan hasil pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretes siswa 67, lalu pada pelaksanaan postes meningkat menjadi 77. Pada siklus II terjadi peningkatan nilai pretes rata-rata 77 dan pada postes meningkat menjadi rata-rata 87. Untuk skor aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 70,66 dan pada siklus II meningkat menjadi 84,46. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek dapat 1) meningkatkan aktivitas siswa dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) 2) meningkatkan hasil belajar mata pelajaran konstruksi bangunan 3) mendapat respon yang positif dari siswa karena pembelajaran menjadi lebih bermakna.