Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMPN 5 Stabat pada materi kerajinan fungsi hias yang menggunakan model pembelajaran konvensional. 2) Untuk mengetahui kemampuan siswa kelas IX SMPN 5 Stabat pada materi kerajinan fungsi hias yang menggunakan model pembelajaran bantuan tutor sebaya. 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran bantuan tutor sebaya terhadap kemampuan pada materi kerajinan fungsi hias siswa kelas IX SMPN 5 Stabat. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 5 Stabat. Waktu penelitian dimulai 25 Februari 2017. Penentuan kelas dilakukan secara random sampling sehingga sampel terdiri dari 10 kelas berjumlah 315 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengamatan dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan kemampuan belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada materi Kerajinan Fungsi Hias termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 62,50 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang menggunakan Model Konvensional pada mata pelajaran Prakarya materi Kerajinan Fungsi Hias termasuk kategori Kurang dengan persentase sebesar 75,00 persen. Hasil analisis uji normalitas untuk kemampuan belajar kerajinan fungsi hias siswa yang menggunakan Model Tutor Sebaya dengan nilai X2hitung < X2tabel 8,17 < 11,070 ) dan hasil analisis uji normalitas untuk kemampuan belajar kerajinan fungsi hias siswa yang menggunakan Model konvensional dengan nilai X2hitung < X2tabel (9,34 < 11,070 ) pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Model Tutor Sebaya terhadap kemampuan belajar Kerajinan Fungsi Hias dengan nilai thitung>ttabel ( 97,04 > 1,669 ) dengan taraf signifikan 5%. Artinya, Model Tutor Sebaya dapat mempengaruhi kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya pada materi Kerajinan Fungsi Hias