Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan rias wajah malam hari siswa yang diajar dengan model pembelajaran quantum teaching. Untuk mengetahui pengetahuan rias wajah malam hari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap pengetahuan rias wajah malam hari siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran quantum teaching dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sedangkan kelas control menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk melihat pengetahuan rias wajah malam hari siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dan homogenitas. Dari uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh L_o=0,0786. Uji normalitas data kelas control diperoleh L_o=0,0874. Dari tabel diperoleh L_tabel=0,1566 dengan n = 32 dan α=0,05. Karena L_o<L_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data diperoleh F_hitung=1,60. Dari table distribusi F diperoleh F_tabel=1,82. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data kelas eksperimen dan kelas control adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan rias wajah malam hari siswa dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching berada pada kategori tinggi. Pengetahuan rias wajah malam hari siswa menggunakan pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap pengetahuan rias wajah malam hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh t_hitung=4,42 dan t_(1-1/2 α)=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 62 sehingga sehingga t_hitung>t_(1-1/2 α) atau 4,42>2,00