PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar Lari Sprint yang didapat siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017 melalui pendekatan saintifik. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 30 Medan Selayang 2016/2017, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 35 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan pendekatan saintifik, maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar Lari sprint. Berdasarkan hasil tes awal lari sprint melalui pendekatan saintifik yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Selayang. Dari 35 siswa terdapat 10 siswa (28,57%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (60,71). Hasil dari siklus I terdapat 14 siswa (40%) dari 35 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa (66,16). Di siklus II terdapat 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata (78,52). Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil yang didapat maka dapat disimpulkan bahwa Melalui pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Medan Selayang Tahun Ajaran 2016/2017