Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar service pendek backhand bulutangkis siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Loksi penelitian ini di MAN 1 Medan dengan subjek dari penelitain ini kelas X-2 MAN 1 Medan yang berjumlah 47 siswa sedangkan objek dari penelitian ini adalah penggunaan gaya mengajar inklusi untuk meningkatkan hasil belajar service pendek backhand dalam permainan bulutangkis pada siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar service pendek backhand siswa mulai dari tes awal hingga pada siklus II, pada tes awal yang dilakukan terdapat 19 siswa (40,4%) yang berhasil mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata 69,68. Ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 23 siswa (48,9%) dengan nilai rata-rata 69,86, sementara pada siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 42 siswa (89,36%) dengan nilai rata-rata 79,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dalam service pendek backhand melalui gaya mengajar inklusi di kelas X SMA 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar service pendek backhand di kelas X SMA 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.