UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung melalui gaya mengajar resiprokal pada kelas X SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di Balige. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada lompat jauh gaya menggantung, lalu setelah itu dilakukan pembelajaran melalui gaya mengajar resiprokal yang dilakukan Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lompat jauh. Adapun masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : memperlambat kecepatan berlari pada saat menolak, pada saat melayang di udara gerakan menggantungnya sulit dilakukan, pada saat mendarat kaki tidak bersamaan mendarat. Setelah data terkumpul akan dilakukan pembelajaran melalui gaya mengajar resiprokal. (1) dari tes hasil belajar melalui gaya mengajar resiprokal di siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,37. (2) dari tes hasil belajar melalui gaya mengajar resiprokal disiklus II diperoleh 26 siswa (86,67%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa adalah 73,61. Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dalam menggunakan gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung pada kelas X SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2016/2017.