Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar PPKn dan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas IV SD Negeri 163080 Kota Tebingtinggi. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment.Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data menggunakan uji-t satu arah, karena data telah memenuhi prasyarat analisis data yaitu normal dan homogen dengan nilai signifikan lebih besar dari nilai α (=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung (direct instruction), hal ini berdasarkan thitung (=3,808) lebih besar dari ttabel (=2,00); dan (2) kemampuan pemecahan masalah oleh siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah oleh siswa yang diajarkan dengan model pengajaran langsung (direct instruction), hal ini berdasarkan thitung (=6,092) lebih besar dari ttabel (=2,00).