Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint dengan penggunaan model pembelajaran pendekatan bermain dan pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VIII SMP Negeri Perbaungan Kab.Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 30 siswa-siswi, yang terdiri dari 13 siswi perempuan dan 17 siswa laki-laki. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk lembar fortofolio teknik dasar lari sprint sebanyak 1 kali pertemuan. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 4 orang siswa (13,3%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 26 orang siswa (86.7%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 1,99. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 12 orang siswa (40%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 orang siswa (60%) belum mencapai tingakat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 2,64. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 26 orang siswa (86,7%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (13,3%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 2,95. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 13,3 %, sedangkan peningkatan nilai ratarata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 46,6 %. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran pendekatan bermain dan pemanfaatan media audio visual dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 3 Perbaungan Kab.Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2016/2017.