Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint melalui gaya mengajar latihan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Galang T.A 2016/2017. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa terdiri dari 15 putra dan 19 putri. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses lari sprint. Berdasarkan data yang terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) dari tes hasil belajar data awal dapat diperoleh sebanyak 10 orang siswa (29,41%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa (70.59%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata – rata yang diperoleh hanya mencapai 68,82. (2) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 14 orang siswa (41,18%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 20 orang siswa (58,82%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan persentase nilai rata-rata 71,27. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 30 orang siswa (88,23%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (11,77%) masih belum tuntas. Dengan persentase nilai rata-rata 82,31. Peningkatan persentase nilai ratarata hasil belajar siswa dari tes siklus I dan siklus II sebesar 11,04. Maka kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85% telah tercapai. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar latihan dapat memberikan arti yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII-5 SMP Negeri 1 Galang Tahun Ajaran 2016/2017.