Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh modul ikatan kimia yang inovatif terinternalisasi karakter yang dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) yang dimodifikasi dari model pengembangan Borg & Gall. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga buku ajar kimia SMA/MA kelas X, 15 guru kimia kelas X SMA, dua dosen Kimia Fisika Universitas Negeri Medan sebagai validator ahli, dan 72 siswa kelas X MIA. Data pada penelitian ini diperoleh dari angket kelayakan berdasarkan BSNP yang telah dimodifikasi dengan skala 4 untuk mengetahui kelayakan modul, lembar observasi untuk menilai karakter siswa selama pembelajaran dan tes hasil belajar siswa yang akan dianalisis menggunakan uji Independent Sample T-test pada program SPSS 17.0 for windows dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kelayakan buku ajar Kimia SMA Kelas X pokok bahasan ikatan kimia cukup valid dan tidak perlu direvisi namun masih terdapat kekurangan pada setiap buku sehingga perlu dilakukan pengembangan, (2) Hasil penilaian dosen dan dan guru terhadap modul ikatan kimia yang inovatif terinternalisasi karakter diperoleh rata-rata sebesar 3, 70 artinya valid dan tidak perlu revisi sehingga dapat dipergunakan dalam pembelajaran kimia. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan modul ikatan kimia yang inovatif terinternalisasi karakter dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan buku ajar yang digunakan sekolah, sesuai dengan data hasil uji hipotesis diperoleh signifikansi sebesar 0,002 < 0,005, (4) Modul ikatan kimia inovatif terinternalisasi karakter yang telah dikembangkan dapat menumbuhkembangkan nilai karakter pada siswa dengan rata-rata sebesar 85,53% dengan kategori sangat baik.