Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan menulis kembali isi cerpen “Bangkit” karya Alfred Pandie oleh siswa kelas IX SMP N 1 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP N 1 Tigalingga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen penelitiannya adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes berbentuk objektif dengan beserta jawaban. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data kuantitatif. Setelah data diperoleh, penganalisisan data dilakukan dengan membuat tabulasi skor data, mencari macam setiap aspek, dan mendistribusikan persentase setiap aspek. Berdasarkan hasil temuan yang diperoleh dari penelitian maka dapat dibuat simpulan Kemampuan siswa menulis kesesuaian isi cerpen dengan teks asli dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 81,06, Kemampuan menulis kelengkapan unsur- unsure intrinsik cerpen (tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat) dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 84,09, Kemampuan menulis kesesuaian unit peristiwa dan pokok-pokok peristiwa dengan cerpen yang ditulis ulang dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 75, Kemampuan menulis keseluruhan penggunaan diksi (pilihan kata) dikategorikan kurang dengan nilai rata-rata 58,33.