Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru biologi SMA Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Deli Serdang sebanyak 56 orang. Sampel penelitian diambil secara pusposive sampling dengan jumlah 53 orang guru 318 guru sejawat, 3 dosen sebagai validator ahli. Penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan lembar soal tes tertulis pemahaman kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik, lembar observasi pembelajaran di kelas kompetensi pedagogik, lembar angket persepsi kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru biologi oleh guru sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru biologi sudah kompeten sesuai dengan Permendiknas No.16 Tahun 2007. Hasil penilaian kompetensi pedagogik guru rata-rata 71 kriteria guru cukup kompeten dengan rincian penilaian tes tertulis pemahaman materi rata-rata 61 kriteria cukup kompeten dan penilaian lembar observasi pembelajaran guru di kelas rata-rata 81 kriteria kompeten. Hasil penilaian kompetensi profesional guru rata-rata 75 kriteria guru cukup kompeten dengan rincian penilaian tes tertulis pemahaman soal kelas 10 rata-rata 75 kriteria guru cukup kompeten, kelas 11 rata-rata 75 kriteria guru cukup kompeten, dan kelas 12 rata-rata 74 kriteria guru cukup kompeten. Hasil penilaian kompetensi kepribadian persepsi guru sejawat rata-rata 86 kriteria guru kompeten. Hasil penilaian kompetensi sosial persepsi guru sejawat rata-rata 78 kriteria guru kompeten. Studi ini berimplikasi pada pentingnya pembinaan berkesinambungan terhadap guru biologi SMA Negeri Se- Kabupaten Deli Serdang