PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR DEKORASI KUE SISWA KELAS X PATISERI SMK SHANDY PUTRA 2 MEDAN
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran Dekorasi Kue. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran Dekorasi Kue. 3) Untuk mengetahui pengaruh Media Audio Visual terhadap hasil belajar Dekorasi Kue. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Shandy Putra 2 Medan. Waktu penelitian dimulai September - November 2016. Penentuan kelas dilakukan secara total sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas berjumlah 62 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengamatan dan teknikan alisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, ujihomogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Media Audio Visual pada mata pelajaran Dekorasi Kue termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 68,75 persen dan tingkat kecenderungan siswa yang menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran Dekorasi Kue termasuk kategori Kurang dengan persentase sebesar 53,3 persen. Hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar Dekorasi Kue siswa yang menggunakan Media Audio Visual dengan nilai X2hitung< X2tabel (5,127 <11,070) dan hasil analisis uji normalitas untuk hasil belajar Dekorasi Kue siswa yang menggunakan Media Gambar dengan nilai X2hitung<X2tabel (43,89 <11,070) pada taraf signifikan (5%) adalah berdistribusi normal. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Media Audio Visual terhadap hasil belajar Dekorasi Kue dengan nilai thitung>ttabel (2,445>2,000) dengan taraf signifikan 5%. Artinya, Media Audio Visual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dekorasi Kue.