Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis Audiotori, Visual, Intelektual ) terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Parulian 2 Medan. Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan model pembelajaran SAVI (Somatis Audiotori, Visual, Intelektual ), hasil belajar , dan Lagu daerah setempat, beserta hipotesis. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Jenis penelitian ini adalah True Experimental Design dengan desain Pretest -Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Parulian 2 Medan yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas VII4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda berjumlah 30 dan 20 butir soal yang telah dinyatakan valid untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah diujikan pada kelas VII1 di SMP Parulian 2 Medan Kedua kelas diberikan Pretes untuk mengetahui kemampuan awal siswa sebelum diberikan perlakuan pada setiap kelas,dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 38,83 dan kelas kontrol 35,83. kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual ) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional (langsung). Setelah pembelajaran selesai diberikan postes, diperoleh postes dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 76,83 dan kelas kontrol 66,87. Hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 15,67% pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatis, Audiotori, Visual, Intelektual) terhadap hasil belajar siswa kelas VII dalam Pembelajaran lagu Daerah Setempat di SMP Parulian 2 Medan