PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MODEL ACTIVITY CENTERED TUTORIAL DAN EXPLORATORY TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR BIDANG ELEKTRONIKA INDUSTRI
Main Author: | Sriadhi, |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.unimed.ac.id/24086/1/Reviewer.pdf http://digilib.unimed.ac.id/24086/ http://seminars.unj.ac.id/konaspi/file/Prosiding%20KONASPI%20VIII%202016.pdf |
Daftar Isi:
- Studi ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran berbasis multimedia yaitu Activity Centered Tutorial (ACT) dan Exploratory Tutorial (ET) sebagai upaya meningkatkan kompetensi hasil belajar bidang Elektronika Industri, berdasarkan tingkat kemampuan kognitif mahasiswa yaitu kognitif tinggi (KT) dan kognitif rendah (KR). Penelitian merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group menggunakan 108 responden, 56 untuk ACT dan 52 untuk ET. Penelitian menggunakan disain faktorial 2 x 2, dianalisis menggunakan One-way ANCOVA dengan mengontrol skor pre-test. Hasil penelitian menyatakan tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara pembelajaran multimedia model ACT dengan model ET, tetapi jika dianalisis berdasarkan kemampuan kognitif mahasiswa, kelompok KT lebih tinggi capaian belajarnya dibanding kelompok KR baik pada pembelajaran ACT maupun ET. Bagi kelompok KT, pembelajaran dengan multimedia ACT dan ET menghasilkan capaian belajar yang tidak berbeda, tetapi bagi kelompok KR capaian belajar dengan multimedia ACT lebih tinggi dibandingkan model ET. Hasil penelitian memberi kontribusi untuk mengatasi masalah rendahnya hasil belajar melalui pembelajaran berbasis multimedia, khususnya dalam bidang elektronika industri.