Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar rias wajah sehari-hari menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasiapada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan, (2) Untuk mengetahui hasil rias wajah sehari-hari tanpa menggunakan media pembelajaran (konvensional) di kelas X SMK Negeri 8 Medan., (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasia terhadap hasil belajar rias wajah sehari- hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasia dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk melihat hasil belajar rias wajah sehari-hari siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dengan ujichi kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F. Uji normalitas postes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=2,5044. Uji normalitas postes kontrol diperoleh 〖x^2〗_hitung=0,2359. Dari tabel diperoleh 〖x^2〗_tabel=11,1 dengan dk = 5 dan α=0,05. Karena 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas pretes diperoleh F_hitung=1,05. Uji homogenitas postes diperoleh F_hitung=1,03. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan pada materi rias wajah sehari-hari yang diajar dengan menerapkan media berbasis aplikasi camtasia berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan pada materi rias wajah sehari-hari yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasia terhadap hasil belajar rias wajah sehari- hari siswa kelas X Tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh t_hitung=4,98 dan t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 62 sehingga t_hitung>t_tabel