Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar penanganan limbah pada siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran probem based learning. (2) mengetahui hasil belajar penanganan limbah pada siswa yang diajar dengan model ekspositori pada materi penanganan limbah, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar penanganan limbah siswa kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postes. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Tebing Tinggi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 60 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran problem based learning (X), dan hasil belajar penanganan limbah (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning diperoleh hasil uji kecenderungan cukup sebesar 63%, dengan rata-rata hitung sebesar 43,5 dan standar deviasi 3,51. Dibandingkan dengam model pembelajaran ekspositori diperoleh hasil uji kecenderungan kurang sebesar 53%, dengan rata-rata hitung sebesar 25,6 dan standar deviasi 2,60. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk postes diperoleh thitung > ttabel (54,24 >1,671), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar penanganan limbah kelas X SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.