PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBENTUK ALIS PADA MATA PELAJARAN RIAS WAJAH SEHARI-HARI SISWA KELAS X TATA KECANTIKAN KULIT SMK NEGERI 8 MEDAN

Main Author: Sari, Novi Yunita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/24059/2/1.%20NIM.%205122144005%20COVER.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/6/2.%20NIM.%205122144005%20APPROVAL%20SHEET.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/7/3.%20NIM.%205122144005%20ABSTRACT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/9/4.%20NIM.%205122144005%20PREFACE.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/8/5.%20NIM.%205122144005%20TABLE%20OF%20CONTENT.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/10/6.%20NIM.%205122144005%20LIST%20OF%20FIGURES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/3/7.%20NIM.%205122144005%20LIST%20OF%20TABLES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/1/8.%20NIM.%205122144005%20LIST%20OF%20APPENDICES.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/1/9.%20NIM.%205122144005%20CHAPTER%20I.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/5/13.%20NIM.%205122144005%20CHAPTER%20V.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/4/14.%20NIM.%205122144005%20BIBLIOGRAPHY.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/24059/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar membentuk alis siswa yang diajar dengan model pembelajaran picture and picture.Untuk mengetahui hasil belajar membentuk alis siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar membentuk alis siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menerapkan model pembelajaran picture and picture sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar pengamatan untuk melihat hasil belajar membentuk alis siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji parametrik yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dan homogenitas. Dari uji normalitas data kelas eksperimen diperoleh〖 L〗_o=0,0746. Uji normalitas data kelas kontrol diperoleh L_o=0,0685. Dari tabel diperoleh L_tabel=0,161 dengan n = 30 dan α=0,05. Karena L_o<L_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data diperoleh F_hitung=1,32. Dari tabel F diperoleh F_tabel=1,86. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar membentuk alis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran picture and picture berada pada kategori baik. Hasil belajar membentuk alis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap hasil belajar membentuk alis siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistik yaitu diperoleh t_hitung=5,91 dan t_(1-1/2 α)=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 58 sehingga t_hitung>t_(1-1/2 α) atau 5,91>2,00