Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin anak. Masih banyak anak yang membuang sampah sembarangan, masih banyak anak yang tidak mau baris pada saat bel sudah berbunyi, dan anak yang malas untuk mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembiasaan terhadap disiplin anak usia 4-5 tahun di TKA Plus An-Nizam Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain Posttest Only Control Group Desain. Populasi dalam penelitian adalah seluruh anak TKA A An-Nizam Medan yang terdiri dari 3 kelas yaitu Siti Aisyah sebanyak 18 anak, Siti Fatimah 18 anak, dan Salman Afarizi 16 anak yang dijumlahkan menjadi 52 anak. Sampel pada penelitian yaitu kelas siti fatimah sebagai kelas eksperimen dan salman alfarizi sebagai kelas kontrol dengan teknik random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis statistik deskriptif dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata yang diperoleh dalam penelitian pada kelas eksperimen yaitu 42,61 dengan nilai tertinggi 47 dan nilai terendah 37, sehingga disiplin anak tergolong dalam kategori sangat baik. Dan nilai rata-rata pada kelas kontrol 33,75 dengan nilai tertinggi 37 dan nilai terendah 29, sehingga disiplin anak tergolong baik. Hasil uji hipotesis dapat disampaikan bahwa metode pembiasaan berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin anak yaitu dari hasil uji hiptesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 8,054>1,6996 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian metode pembiasaan berpengaruh secara signifikan terhadap disiplin anak usia 4-5 tahun di TKA Plus An-Nizam Medan Tahun Ajaran 2016/2017.