Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui terjadinya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2016/2017. Penelitian dilaksanakan pada Januari sampai bulan Maret 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Negeri 106162 Medan Estate T.A 2016/2017 yang berjumlah 34 orang siswa terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya dan Pengarunya melalui model pembelajaran Pair Checks. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada siklus I dilakukan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil refleksi siklus I akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (Pre Test, Post Test Siklus I dan Post Test II) dan lembar observasi (lembar observasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dan lembar observasi aktivitas belajar siswa). Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian sebagai berikut : dari 34 orang siswa terdapat 6 siswa yang tuntas dan 28 siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata hasil belajar pada saat pre test adalah 55,73. Pada siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata siswa adalah 71,47. Pada siklus II terdapat 32 siswa yang tuntas dan 2 siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata siswa adalah 86,02. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Gaya dan Pengaruhnya di Kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2016/2017. Dari hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Pair Checks dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Gaya dan Pengaruhnya di kelas V SD Negeri 106162 Medan Estate Tahun Ajaran 2016/2017.