MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DI KELAS V SD NEGERI 050671 KAMPUNG GOHOR TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Berdasarkan pemaparan yang telah diuraikan, maka peneliti merumuskan masalah yaitu “Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 050671 Kampung Gohor Tahun Ajaran 2016/2017?”. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 21 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan di SD Negeri 050671 Kampung Gohor. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Course Review Horay dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay di kelas V SD Negeri 050671 Kampung Gohor. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan, dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi (pemantauan) dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dari 39 orang siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay diperoleh hasil pada siklus I pertemuan 1 terdapat 2 siswa berkriteria cukup (5.13%), 1 siswa berkriteria kurang (2.56%) dan 36 siswa berkriteria kurang sekali (92.31%). Keaktifan siswa secara klasikal dengan persentase 5.13%. Aktivitas guru berkriteria baik dengan persentase 70%. Pertemuan 2 terdapat 8 siswa berkriteria cukup (50.51%), 7 siswa berkriteria kurang (17.95), 24 siswa berkriteria kurang sekali (61.54%). Keaktifan siswa secara klasikal dengan persentase 20.51%. Aktivitas belajar siswa berdasarkan angket diperoleh hasil 12 siswa berkriteria aktif (30.77%). Aktivitas guru berkriteria baik dengan persentase 80%. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh hasil 8 siswa berkriteria baik (50.51%), 19 siswa berkriteria cukup (48.72%), 5 siswa berkriteria kurang (12.82%) dan 7 siswa berkriteria kurang sekali (17.95%). Keaktifan siswa secara klasikal dengan persentase 69.23%. Aktivitas guru berkriteria baik dengan persentase 85%. Pertemuan 2 diperoleh hasil 23 siswa berkriteria sangat baik (58.97%), 14 siswa berkriteria baik (35.90%) dan 2 siswa berkriteria cukup (5.13). Keaktifan siswa secara klasikal dengan persentase 100.00%. Aktivitas belajar siswa berdasarkan angket diperoleh hasil 39 siswa berkriteria aktif (100.00%). Aktivitas guru berkriteria sangat baik dengan persentase 95%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri050671 Kampung Gohor. Oleh karena itu, model pembelajaran Course Review Horay dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa.