Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran practice rehearsel pairs (praktik berpasangan) pada materi gaya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas denagn dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah motivasi belajar siswa pada materi pelajaran gaya dengan menerapkan model pembelajaran practice rehearsel pairs (praktik berpasangan). Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101766 Bandar Setia. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi motivasi belajar siswa, observasi motivasi belajar guru dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh selama pengamatan menunjukkkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya yaitu: pada siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa 54.06% yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah, Pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 55.91% yang motivasi belajarnya tergolong rendah , Pada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 67.40% yang motivasi belajarnya tergolong sedang , Pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 86,99% yang motivasi belajarnya tergolong tinggi. Pada hasil angket juga menunjukkan peningkatan pada setiap siklusnya yaitu: Pada siklus I, pertemuan I diperoleh data bahwa 58,06 % yang motivasi belajarnya tergolong sangat rendah Pada siklus I, pertemuan II diperoleh data bahwa 63,65 % yang motivasi belajarnya tergolong rendah, Pada siklus II, pertemuan I diperoleh data bahwa 78,37%yang motivasi belajarnya tergolong sedang dan Pada siklus II, pertemuan II diperoleh data bahwa 90,84% yang motivasi belajarnya tergolong tinggi. Dari penelitian yang diperoleh tindakan ini dapat disimpulkan bahwa “dengan menggunakan model practice rehearsel pairs (praktik berpasanagn) pada materi gaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 101766 Bandar Setia”. Dapat diterima