Daftar Isi:
  • Masalah yang diteliti dalam skipsi ini adalah “Apakah dengan menggunakan model Course Review Horay dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2016/2017 ?” Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV-A SD Negeri 101797 Deli Tua yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan yang masing-masing pertemuan beralokasi waktu 2 x 35 menit. Dalam setiap siklus dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, angket dan dokumentasi. Hasil analisis data angket menunjukkan bahwa pada kondisi awal, siswa yang berminat belajar adalah 5% dari seluruh siswa. Setelah pelaksanaan siklus I dengan menerapkan model Course Review Horay diperoleh minat belajar siswa menjadi 70%. Selanjutnya setelah dilaksanakan siklus II dengan menerapkan model Course Review Horay minat belajar siswa lebih meningkat lagi menjadi 95 %. Sedangkan berdasarkan observasi siswa diperoleh informasi bahwa pada siklus I rata-rata minat belajar siswa adalah 76,95% dari seluruh jumlah siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Course Review Horay dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi wujud benda dan sifatnya pada siswa kelas IV SD Negeri 101797 Deli Tua T.A 2016/2017