PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA STANDART KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TAI mata pelajaran Teknologi mekanik kelas X TP SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X program keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan kelas X berjumlah 95 orang. Dalam hal ini, sampel penelitian adalah Eksperimen A adalah kelas MP-2 dan Kelas Eksperimen B adalah MP-1. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Tes, jumlah instrumen Tes Pilihan Berganda sebanyak 35 soal dan 30 soal yang valid dengan reliabilitas 0,921 tergolong sangat tinggi. Hasil analisa data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji âtâ sebagai berikut : , harga pada taraf signifikan 5%, sehingga , dapat dipertanggungjawabkan untuk menarik kesimpulan, tidak terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan alat ukur yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw dan model pembelajaran kooperatif TAI pada siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017.