HUBUNGAN ANTARA SIKAP PARTISIPASI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SD KELAS TINGGI DAERAH PERKEBUNAN PIR TRANS SOSA IV
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian adalah apakah sikappartisipasi orang tuaberhubungan dengan motivasi belajar anakusia SD kelas tinggi daerah perkebunan Pir Trans Sosa IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sikap partisipasi orang tua dengan motivasi belajar anakusia SD kelas tinggi daerah perkebunan Pir Trans Sosa IV. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 0717 Pir Trans Sosa IV Kecamatan HutarajaTinggi Kabupaten Padang Lawas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi di SD Negeri 0717 Pir Trans Sosa IV yang berjumlah 120siswa. Sampel yang digunakan adalah Random Sampeling yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket Uji validitas angket menggunakan rumus koefsien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefsien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunujukkan bahwa secara parsial Sikap Partisipasi Orang Tua (X)memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan Motivasi Belajar Anak(Y) dengan nilai r 0,876dan memiliki hubungan yang signifikan karena > yaitu 10,604>2,023. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang erat dan signifikan antara Sikap Partisipasi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Anak Usia SD Kelas Tinggi Daerah Perkebunan Pir Trans Sosa IV, yang artinya apabila sikap partisipasi orang tua semakin tinggi maka motivasi belajar anak akan semakin tinggi, sebaliknya apabila sikap partisipasi orang tua rendah maka motivasi belajar anak akan rendah.