Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah Kecerdasan Emosional siswa berhubungan dengan Hasil Belajar Ipa di SD Negeri 117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 117513 Pulo Tarutung Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Negeri 117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 21 orang. Sampel yang digunakan adalah sampel populasi. Variabel dalam penelitian ini ada dua, kecerdasan emosional sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket, Uji validitas angket menggunakan rumus koefsien korelasi Product Moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji koefsien korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunujukkan bahwa secara parsial Kecerdasan Emosional (X) memiliki korelasi pada kategori cukup tinggi dengan Hasil belajar (Y) dengan nilai r 0,663 dan memiliki hubungan yang signifikan karena > yaitu 3,863 > 2,093. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada hubungan yang erat antara Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar IPA siswa Kelas V SD Negeri 117513 Pulo Tarutung Tahun Ajaran 2016/2017.