Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok organisasi dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas V Kedai Durian. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dengan dua siklus dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan jadi dalam 2 siklus terdapat 4 kali pertemuan.Dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 104214 Kedai Durian Kecamatan Deli Tua Kab. Deli Serdang T.A 2016/2017 dengan jumlah siswa 30 orang siswa yang terdiri dari 12 orang siswa laki – laki dan 18 orang siswa perempuan. Waktu penelitian dilaksanakan mulai dari bulan Januari sampai dengan Maret 2017. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran PKn diperoleh pada kondisi awal, diperoleh nilai ketuntasan klasikal aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi 36,67% dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan klasikal aktivitas belajar siswa 53,33% yang masih dalam kategori rendah. Pada siklus II nilai ketuntasan klasikal mencapai 83,33% dengan kategori sangat tinggi. Hasil angket aktivitas belajar siswa pada siklus I 56,67% yang masuk dalam kategori rendah. Pada siklus II meningkat menjadi 86,67%, masuk dalam kategori sangat tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 104214 Kedai Durian Kecamatan Deli Tua Kab. Deli Serdang T.A 2016/2017