MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICTION GUIDE (TEBAK PELAJARAN) DI KELAS V SD NEGERI NO.106163 BANDAR KLIPPA DELI SERDANG T.A 2016/2017

Main Author: Widyastika, Dinda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://digilib.unimed.ac.id/23994/1/01.%20COVER%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/2/02.%20LEMBAR%20PERSETUJUAN%20%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/3/03.%20ABSTRAK%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/4/04.%20KATA%20PENGANTAR%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/5/05.%20DAFTAR%20ISI%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/6/06.%20DAFTAR%20TABEL%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/7/07.%20DAFTAR%20GAMBAR%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/8/08.%20DAFTAR%20LAMPIRAN%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/9/09.%20BAB%20I%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/10/13.%20BAB%20V%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/11/14.%20DAFTAR%20PUSTAKA%20ULFA%20MAYA%20SARI%20NURZA%20%281133311064%29.pdf
http://digilib.unimed.ac.id/23994/
Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Generatif pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok perkembangan teknologi produksi,komunikasi dan transportasi. Jenis penelitian ini adalah “ Penelitian Tindakan Kelas”. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dan siklus II perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 101799 Deli Tua Timur yang berjumlah 22 orang siswa yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 12 orang perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Generatif untuk meningkatkan motivasi belajar IPS. alat yang dikumpulkan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah motivasi belajar mengajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan dari jumlah 22 orang bahwa pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata kelas diperoleh siswa yaitu 44,81 dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas diperoleh siswa yaitu 60,5. Sedangkan pada silus II pertemaun I nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa yaitu 70,73 dan pada pertemuan II nilai rata-rata kelas diperoleh siswa yaitu 82,59. Jumlah siswa yang termotivasi pada setiap aspek kegiatan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap pertemuan. siklus I pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi adalah 1 orang dengan persentase 4,54% dan pertemuan II jumlah siswa yang termotivasi 6 orang dengan persentase 27,27%, pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang termotivasi adalah 19 dengan persentase 86,36% dan pada pertemuan II jumlah siswa yang termotivasi adalag 22 orang dengan persentase 100%. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa akan meningkat jika diterapkan model pembelajaran Generatif pada mata pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri 101799 Deli Tua Timur. Disarankan agar guru menggunakan model pembelajaran Generatif dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi pokok perkembangan teknologi produksi,komunikasi dan transportasi.