Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas belajar siswa masih rendah pada pelajaran Bahasa Indonesia terkhusus dalam materi menulis puisi. Hal ini dikarenakan guru cenderung menggunakan metode ceramah dan jarang menggunakan media pembelajaran serta tidak adanya rangsangan dari guru untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam menulis puisi sehingga siswa kesulitan untuk menuangkan ide ke dalam tulisan dan tidak tahu bagaimana cara memulainya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence pokok bahasan menulis puisi pada siswa kelas V SD Negeri 060857 Jl. Durung Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Concept sentence adalah model pembelajaran yang dilakukan dengan memberikan kart-kartu yang berisi beberapa kata kunci kepada siswa. Kemudian kata kunci tersebut disusun dan dikembangkan menjadi bait-bait puisi yang indah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060857 Jl. Durung Medan yang berjumlah 27 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Berdasarkan tes yang diberikan kepada siswa pada saat pre-test terdapat hanya 3 siswa yang kreatif dalam menulis puisi, dengan persentase 11,11% dan nilai rata-rata 46,29. Setelah pemberian tindakan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran concept sentence, diperoleh jumlah siswa yang kreatif sebanyak 16 siswa dengan nilai rata-rata 60,19 dan persentasi mencapai 59,25%. Namun, perolehan nilai kreativitas pada siklus I ini belum memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 75%. Maka tindakakn dilanjutkan ke siklus II dengan beberapa refleksi dari siklus I. Setelah diberikan tindakan pada siklus II, kreativitas belajar siswa meningkat lebih baik lagi dari dari siklus I yaitu sebanyak 23 siswa dengan persentase sebesar 85,19% dengan nilai rata-rata 76,67. Ini berarti bahwa kreativitas belajar siswa telah memenuhi ketuntasan klasikal sehingga tindakan dihentikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi di kelas V SD Negeri 060857 Jl. Durung Medan T.A 2016/2017