Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101797 Deli Tua Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 101797 Deli Tua yang berjumlah 28 orang siswa sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS dengan menerapkan model pembelajaran The Power of Two. Teknik pengumpulan data adalah observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan observasi terhadap kegiatan mengajar guru. Melalui observasi yang dilakukan selama penelitian, dapat diperoleh data pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang aktif sebanyak 10 orang siswa dan tidak aktif 18 orang siswa dengan persentase siswa aktif mencapai 35,71%. Siklus I pertemuan II sebanyak 12 orang siswa aktif dan 16 orang siswa tidak aktif dengan persentase siswa aktif 42,86%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang aktif sebanyak 20 orang siswa dan 8 orang siswa tidak aktif dengan persentase siswa aktif mencapai 71,43%. Siklus II pertemuan II sebanyak 28 orang siswa yang aktif dengan persentase mencapai 100%. Hasil observasi kegiatan peneliti pada siklus I pertemuan I menghasilkan rata-rata 56,25% (tidak baik). Pada siklus I pertemuan II meningkat menjadi 62,50% (cukup baik). Pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 78,12% (baik) dan pada siklus II pertemuan II meningkat menjadi 96,88% (sangat baik). Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model The Power of Two dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Perjuangan Para Tokoh Melawan Belanda kelas VA SDN 101797 Deli Tua Tahun Ajaran 2016/2017.