PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG KEC.PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah gaya mengajar guru yang kurang baik sehingga mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa di kelas IV SD Negeri 101771 Tembung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101771 Tembung dengan jumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menjadikan semua populasi menjadi sampel. Oleh karena itu penelitian ini merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir. Kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,705. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas,homogenitas, linieritas, analisis regersi linier sederhana dan untuk menguji hipotesis dengan uji t, uji ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji-F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier sederhana pada penelitian ini yaitu, Y = = 39,024 + 0,371X. Selain itu determinasi nilai R square sebesar 0,087 atau 8,7 %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap minat belajar siswa kelas IV SDN 101771 Tembung, Kec. Percut Sei Tuan.