Daftar Isi:
  • Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 101767 Tembung dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SD Negeri 101767 Tembung tahun ajaran 2016/2017. (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di SD Negeri 101767 Tembung pada tahun ajaran 2016/2017. Pada test awal sebelum diberikan tindakan dari jumlah siswa sebanyak 22 orang dan tidak ada satupun yang tuntas belajar dan nilai rata – rata kelas 45,95. Pada tindakan siklus I dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 40,91% dan siswa yang belum tuntas sebanyak 13 siswa dan persentase kentuntasan hasil belajar 59,09% dan nilai rata – rata kelas 60,45. Nilai rata – rata hasil observasi aktivitas siswa yaitu 60,11 serta nilai rata - rata hasil observasi guru yaitu 77,50. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi nilai jumlah siswa yang tuntas maupun dari persentase ketuntasan belajar dan nilai rata – rata kelas. Pada tindakan siklus II dengan signifikan hasil belajar siswa meningkat diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dan persentase ketuntasan hasil belajar 95,45% dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 1 siswa dengan persentase 4,55% dan nilai rata – rata kelas yaitu 81,13 dan nilai rata – rata hasil observasi aktivitas siswa meningkat mencapai 81,36 serta nilai rata - rata hasil observasi guru yaitu 82,50. Dari pengolahan tes hasil belajar pada siklus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target seperti yang ditetapkan dengan persentase ketuntasan belajar ideal 75 % siswa yang telah mencapai nilai KKM 65. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas V SDN 101767 Tembung T.A 2016/2017 menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat