MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SQ4R DI KELAS IV SD NEGERI 108075 DELITUA BARAT T.A 2016/2017
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS yaitu sub pokok bahasan aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) materi pokok aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 108075 Delitua Barat T.A 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjk dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 108075 Delitua Barat yang berjumlah 23 orang siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes dan data kualitatif berupa observasi. Dari observasi awal dilakukan hasil belajar siswa tergolong rendah, dari jumlah 23 orang siswa pada mata pelajaran IPS perolehan hasil nilai pretest terdapat 5 orang siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase (21,74%) dan tidak tuntas 18 orang siswa dengan persentase (78,26%) dengan nilai rata-rata klasikal siswa sebesar 50,22. Peneliti menindak lanjuti pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada mata pelajaran IPS perolehan hasil siklus I meningkat menjadi 12 orang siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase (52,17%) dan tidak tuntas 11 orang siswa dengan persentase (47,83%) dengan nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 63,26. Berdasarkan kesimpulan sementara bahwa hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan, sehingga perlu perbaikan dan pengembangan pembelajaran pada siklus II. Pada siklus II perolehan hasil siklus II meningkat menjadi 20 orang siswa yang tuntas hasil belajar dengan persentase (86,950%) dan tidak tuntas 3 orang siswa dengan persentase (13,04%) dengan nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 80,21. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada materi aktivitas ekonomi dan pemanfaatan sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 108075 Delitua Barat Tahun Ajaran 2016/2017.